Cara Memilih Kayu Kelapa yang Baik dan Kuat

Kayu kelapa merupakan jenis kayu yang umum digunakan dalam sebuah bangunan, terutama digunakan untuk pembuatan kuda-kuda atau tiang penahan dari bangunan. Untuk itu, sangat dibutuhkan kejelian dalam memilih kayu kelapa (maksudnya tidak asal beli) agar kayu kelapa yang anda beli dan anda pasang pada bangunan nanti merupakan kayu kelapa yang benar-benar berkualitas baik dan kuat. Selain agar bangunannya menjadi kokoh, tidak mudah roboh atau reyot, menggunakan kayu kelapa yang baik (kuat) secara kualitas juga dapat memperlama atau memperpanjang masa pemakaiannya sehingga tidak merepotkan anda nantinya karena tidak perlu sering-sering menggantinya. Kuat di sini adalah tidak mudah lapuk atau keropos yang disebabkan oleh serangan rayap atau bubuk.
contoh kayu kelapa yang baik
Gambar dari http://satriamadangkara.com/papan-cor-kayu-kelapa

Berikut ini adalah 3 ciri-ciri umum yang berguna untuk membantu anda dalam memilih kayu kelapa yang berkualitas baik dan kuat juga tentunya.

Pertama : pilihlah kayu kelapa yang memiliki permukaan kasar. Kayu kelapa dengan permukaan kasar, umumnya sangatlah kuat, tidak mudah melengkung dan lebih tahan dari serangan rayap. Kayu kelapa dengan permukaan kasar umumnya terlihat pada serat kayunya yang besar-besar.

Kedua : pilihlah kayu kelapa yang dekat atau ada kulitnya. Hal ini adalah kebalikan dari cara memilih kayu pada umumnya. Jika pada jenis kayu kebanyakan bagian yang dekat dengan kulit adalah bagian yang lunak dan mudah lapuk, kayu kelapa lain ceritanya. Bagian pinggir atau kulit umumnya adalah bagian yang keras dan sangat kuat. Jadi usahakan pilihlah bagian yang ada atau dekat dengan kulit. Jangan terpancang pada kerapian dan kelurusan potongan kayunya sebab kayu kelapa yang potongannya lurus dan rapi biasanya adalah kayu bagian tengah (bagian ini sangatlah lunak, tidak kuat). Kayu kelapa yang ada kulitnya, umumnya memang potongannya atau bentuknya tidak rapi atau tidak benar-benar kotak, tapi bagian inilah yang sangat kuat. Anda bisa buktikan sendiri.

Ketiga : pilihlah kayu kelapa yang keras. Ketika anda memilih kayu kelapa, coba anda tusuk dengan kontak mobil atau kontak motor untuk mengetes lunak atau kerasnya kayu kelapa yang akan anda beli. Jika lecet atau pesoknya sedikit berarti kayu kelapa tersebut keras. Kayu kelapa yang keras lebih tahan terhadap serangan rayap dan bubuk.

Dan tambahan, Setelah anda membeli kayu kelapa yang sudah anda pilih tadi, yang harus menjadi perhatian anda selanjutnya adalah peletakan kayu kelapa tersebut. Usahakan jangan menempatkan atau meletakkan kayu kelapa pada tempat-tempat yang terkena air sebab air merupakan musuh utama kayu kelapa. Air dapat membuat kayu kelapa lapuk dalam waktu yang sangat cepat, jadi anda harus memperhatikan peletakkannya.

Thanks for reading Cara Memilih Kayu Kelapa yang Baik dan Kuat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Cara Memilih Kayu Kelapa yang Baik dan Kuat Terkait Dengan:

Your Comments