Cara Memilih Furniture yang Sudah Difinishing

Ketika anda akan membeli furniture (furniture yang sudah difinishing atau siap pakai), ada beberapa hal yang semestinya anda ketahui. Hal ini bertujuan agar anda tidak tertipu dan kecewa nantinya. Banyak sekali pengalaman yang membuat kita kecewa dan merasa tertipu setelah membeli barang (furniture), sebab setelah furniture yang kita pesan atau kita beli itu sampai di rumah ternyata barangnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan alias tidak beres alias banyak cacatnya seperti lecet, pesok, garapannya kasar dll. Memang, ketika furniture tersebut masih dipajang atau ditampilkan di showroom,  ketidakberesan itu (cacatnya) tidak terlihat oleh calon pembeli sebab si penjual furniture tadi memang pandai menyembunyikannya dari para calon pembeli. 
pusat informasi kayu dan furniture

Untuk menghindari terjadinya hal yang demikian, berikut ini adalah tips atau cara yang dapat anda terapkan ketika akan membeli furniture khususnya furniture yang sudah difinishing alias siap pakai :

Pertama : teliti dan lihatlah bagian bawah dari furniture tersebut. Mengapa ? sebab, biasanya bagian bawah memang tidak difinishing atau dibiarkan dalam kondisi mentah, jadi dengan begitu anda masih bisa melihat dan memastikan kalau kayu yang digunakan benar-benar baik atau kayu utuh bukan kayu pinggiran yang bercampur dengan kulit.  

Kedua : jika furniture yang akan anda beli adalah furniture berukir, pastikan kalau ukirannya benar-benar digosok dan difinishing dengan halus terutama pada bagian lubang ukirannya jika ukirannya itu adalah ukiran plong (baca apa itu ukiran plong).

Ketiga : Teliti di bagian ujung-ujung atau pojok dari furniture tersebut. Biasanya, bagian ini adalah bagian yang sering terjadi lecet atau pesok sebab bentuknya lancip dan ada dipinggir. Dan biasanya, jika terjadi lecet atau pesok, si penjual akan memanipulasinya dengan menambalnya. Jelas sekali tambalan itu berpengaruh pada tampilan furniture tersebut apalagi tambalannya berada pada bagian depan. Jadi anda harus benar-benar teliti dan pastikan bahwa bagian ini tidak ada lecet atau pesok.

Keempat : Teliti pada tiap-tiap sambungan pada komponen furniture yang anda incar. Bagian ini adalah bagian yang sangat sering sekali retak, walaupun retaknya kecil tetapi biasanya memanjang, jadi dapat mengganggu keindahan dari tampilan furniture tersebut. Pastikan anda memilih furniture yang tidak ada retak pada sambungannya.

Kelima : Jika furniture yang akan anda beli adalah jenis furniture yang memiliki banyak lekukan, anda harus pastikan lekukannya benar-benar bagus, sebab untuk furniture jenis ini, hampir 80% keindahannya terletak pada lekukan tersebut. Jadi anda harus pastikan kalau lekukan ini memang benar-benar telah diamplas atau digosok dengan baik sebelum difinishing.

Keenam : untuk furniture meja dan lemari atau furniture yang berbidang lebar lainnya, anda harus pastikan kalau bagian yang berbidang lebar tersebut benar-benar rata tidak melengkung. Untuk meja, bagian ini terletak pada bagian atasnya (daun meja). Jika daun meja melengkung, nanti malah akan merepotkan anda jika berniat memasang kaca di atasnya, sebab kacanya akan mudah bergeser alias tidak pas. Sedangkan untuk lemari, anda harus pastikan kalau pintunya tidak melengkung. Sebab jika pintunya melengkung, nanti juga akan merepotkan anda ketika membuka dan menutupnya sebab pasangan pintunya tidak pas dan biasanya berbunyi (berderik).

Ketujuh : anda harus pastikan kalau finishing dari furniture yang anda incar memang benar-benar halus dan bersih. Hal ini akan menjadikan furniture tersebut terlihat mewah dan elegan.

Thanks for reading Cara Memilih Furniture yang Sudah Difinishing | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Cara Memilih Furniture yang Sudah Difinishing Terkait Dengan:

Your Comments