Mebel Antik serta Kelebihan dan Kekurangannya

Seperti yang banyak dibilang orang bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, segala sesuatunya pasti ada kelebihan dan kekurangannya, tidak terkecuali untuk mebel kuno. Mebel kuno atau yang lebih dikenal dengan sebutan mebel antik juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan mebel antik

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mebel antik:

Pertama adalah nilai kepuasan ketika memiliki (limited edition): keberadaan mebel antik tergolong langkah. Sebab, mebel antik adalah mebel yang dibuat pada jaman dahulu kala, jadi sekarang sudah tidak ada lagi regenerasinya. Itu yang menyebabkan mebel antik tergolong barang langkah. Jadi, memiliki sebuah mebel antik bisa menjadi sebuah kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi seseorang terutama bagi orang-orang yang hobi mengumpulkan barang-barang antik atau para kolektor barang antik.

Yang kedua adalah memperoleh banyak untung dari mebel antik : Harga mebel antik sangat mahal, hal ini ada kaitannya dengan faktor kelangkaannya. Umumnya, harga jual sebuah mebel antik jauh di atas harga pasaran untuk mebel-mebel buatan baru, bahkan bisa berkali-kali lipat lebih mahal. Apalagi si pembeli adalah tipe orang yang gemar barang-barang antik, wah bisa tambah mahal tuh harga jualnya. Ibaratnya menjual satu buah mebel antik bisa untuk hidup selama satu tahun. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi penjual mebel antik. Dan tidak akan terjadi jika menjual mebel baru.
Mebel Antik serta Kelebihan dan Kekurangannya
Yang ketiga adalah kualitas : Kualitas ini meliputi dua hal yakni kualitas bahan baku berupa kayu dan kualitas pengerjaan.
  • Kualitas kayu : coba kita bayangkan, mebel antik itu dibuat pada masa lampau bahkan mungkin dibuat pada jaman penjajahan Belanda tetapi hingga kini masih tetap eksis. Itu menandakan kalau kayu yang digunakan untuk membuat barang tersebut merupakan jenis kayu yang benar-benar berkualitas bagus. Kebanyakan, kayu yang digunakan pasti lebar-lebar dan sangat jarang ditemukan sambungan pada papan kayu. Sebab dulu masih banyak kayu yang berdiameter jumbo alias besar, jadi tidak mungkin memakai kayu yang masih berumur muda.
  • Kualitas pengerjaan : tidak seperti sekarang yang semua prose pembuatan mebel menggunakan mesin, dulu serba manual dan serba dalam keterbatasan. Tetapi yang bikin heran, konstruksi pada mebel antik ini masih terjaga dan tetap kokoh tidak lapuk hingga sekarang. Ini menandakan kalau si pembuatnya adalah orang yang benar-benar terampil dan membidanginya jadi barang yang dihasilkan memang berkualitas.
Kelebihan mebel antik yang keempat adalah bentuk atau desain : dibanding mebel produksi baru,mebel antik memiliki bentuk yang unik dan itu menjadi ciri khasnya. Bentuknya banyak dipengaruhi oleh seni dan budaya pada jaman itu. Mebel antik sangat cocok untuk mengisi rumah yang bergaya klasik. jadi, bisa dikatakan mebel antik adalah mebel dengan cita rasa tempo dulu.

Yang terakhir adalah nilai historis : dengan panjangnya masa yang dilalui oleh mebel antik berarti banyak pula riwayat dari barang tersebut. Hal ini tentu saja tidak ada pada mebel baru.

Sedangkan kekurangan atau kelemahan mebel antik adalah sebagai berikut :


Harga : kalau bagi si penjual, harga menjadi sebuah keuntungan, tetapi bagi pihak pembeli harga adalah hal yang harus dipikirkan sebab kita harus merogoh saku lebih dalam untuk bisa mendapatkan mebel antik yang sesuai dengan keinginan kita.

Kondisi : kondisi yang dimaksud adalah finishing atau tampilan. Umumnya, mebel antik sudah banyak keraknya (patina) dan finishingnya sudah pudar serta kotor jadi tampilannya kurang menarik. Meski hal ini dapat disiasati dengan cara difinishing ulang tetapi cara tersebut dapat mengurangi nilai historisnya. Selain itu, terkadang terdapat beberapa bagian yang sudah rusak seperti pada pegangan laci, kunci, kaki meja dll.  Tetapi jika anda beruntung, bisa jadi anda mendapatkan barang tersebut dalam kondisi masih bagus dan utuh. Berarti barang tersebut masih terawat dengan baik dari pemilik terdahulu. Untuk perawatannya, sebenarnya cara merawat mebel antik tidak sulit, sama seperti halnya merawat mebel kayu pada umumnya.

Bentuk : bentuk pada mebel antik ibaratnya dua sisi mata uang, disatu sisi bisa menjadi kelebihan dan disisi lain merupakan kelemahan. Coba kita perhatikan rumah-rumah atau gedung-gedung di sekitar kita, pasti rata-rata memakai konsep modern dan minimalis. Jelas sekali menempatkan mebel anti pada rumah jaman sekarang terasa kurang pas dan kalau dipaksakan hanya akan merusak kenyamanan pandangan.

Thanks for reading Mebel Antik serta Kelebihan dan Kekurangannya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Mebel Antik serta Kelebihan dan Kekurangannya Terkait Dengan:

Your Comments