Pengertian Kayu Gubal, Kayu Teras dan Lingkaran Tahun

Bookmark and Share
Tahukah anda apa yang dimaksud kayu gubal ? Dan apa yang dimaksud kayu teras ? Serta apa yang dimaksud lingkaran tahun ? Istilah-istilah tersebut sangat sering kita dengar ketika kita membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kayu, khususnya kayu yang masih berupa gelondong atau log. Secara singkat, pengertian tentang kayu gubal, kayu teras dan lingkaran tahun adalah sebagai berikut:
  • Kayu gubal adalah bagian tepi atau pinggir dari kayu.
  • Kayu teras adalah bagian tengah atau inti kayu
  • Lingkaran tahun adalah pertanda yang menandakan umur dari sebuah pohon atau sebut saja kayu karena lingkaran tahun pada dasarnya memang hanya bisa dilihat ketika pohon sudah ditebang atau berbentuk kayu.

Mungkin bagi sebagian orang yang masih baru dibidang ini, istilah kayu gubal, kayu teras, dan lingkaran tahun pasti terdengar cukup asing. Nah untuk itu, berikut ini adalah penjelasan mengenai isitlah-istilah tersebut yang dapat membantu anda untuk lebih memahaminya.
pengertian kayu gubal, kayu teras dan lingkaran tahun
Lihat gambar agar lebih memahami maksud dari tulisan ini

Dimulai dari lingkaran tahun : Terbentuknya lingkaran tahun pada sebuah batang pohon dimulai pada saat pohon pertama kali tumbuh hingga ditebang atau mati. Lingkaran tahun ini terbentuk hanya satu kali untuk setiap tahunnya dan jumlahnya akan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya selama pohon itu tumbuh. Semakin tua usia sebuah pohon maka semakin banyak jumlah lingkaran tahunnya, contoh: pada sebuah kayu gelondong, jika jumlah lingkaran tahun yang anda hitung berjumlah 15 berarti kayu tersebut berasal dari sebuah pohon yang telah hidup selama 15 tahun. Itu sebabnya umur sebuah pohon bisa diketahui melalui jumlah lingkaran tahun yang ada pada batangnya. Bagaimanakah bentuk lingkaran tahun itu? Sesuai namanya, lingkaran tahun berbentuk sebuah lingkaran tetapi bukan berarti berbentuk lingkaran yang 100% sempurna, biasanya, bentuk lingkarannya mengikuti bentuk lingkar pada fisik batang pohon itu sendiri

Yang kedua, kayu gubal atau gubal kayu: yang dimaksud kayu gubal bukanlah nama untuk jenis kayu atau spesies pohon, tetapi yang dinamakan kayu gubal adalah bagian pinggir atau tepi pada sebuah kayu termasuk semua jenis kayu baik itu kayu jati, mahoni, sonokeling, kayu eboni, mindi dll. Umumnya, gubal kayu berwarna terang atau putih, lebih terang dari pada kayu teras.

Ketiga, kayu teras : yang dinamakan kayu teras adalah bagian tengah atau inti dari sebuah kayu. Umumnya bagian ini berwarna lebih gelap dibanding kayu gubal. Jadi pada sebuah kayu, antara kayu gubal dan kayu teras terlihat secara jelas seperti ada batas yang memisahkannya. Tetapi ada jenis-jenis kayu tertentu serti contoh kayu sengon, yang antara kayu teras dan kayu gubalnya memiliki warna yang hampir sama sehingga batas antara keduanya terlihat samar atau terlihat kurang jelas.

Lebih kuat mana atau lebih awet mana antara kayu gubal dan kayu teras?

Jawabannya adalah kayu teras. Mengapa? sebab kayu teras memiliki serat dan pori-pori lebih padat dibanding kayu gubal sehingga kayu teras lebih keras(keras dalam artian lebih berbobot bukan keras mudah pecah). Hal ini membuat kayu teras menjadi kuat dan tidak mudah keropos. Sedangkan yang menyebabkan kayu teras lebih awet dari pada kayu gubal adalah adanya unsur-unsur kimia yang terkandung pada kayu teras seperti zat toxic. Zat kimia tersebut menjadikan kayu teras tahan terhadap penyakit atau hama perusak kayu. Jadi, lebih disarankan memakai kayu teras untuk membuat berbagai perabotan dari kayu.