Kayu Sonokeling Merupakan Jenis Kayu Mewah

Bookmark and Share
Seperti halnya kayu jati, kayu sonokeling termasuk salah satu jenis kayu tropis yang memiliki serat yang indah, dan kedua-duanya juga tergolong kedalam jenis kayu mewah. Namun, kayu sonokeling memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan kayu jati atau dengan jenis kayu tropis lainnya. Kayu sonokeling kebanyakan berwarna ungu bercoret-coret hitam, mungkin untuk sebagian dari kayu ini ada juga yang berwarna hitam keunguan berbelang dengan coklat kemerahan. 
kayu sonokeling
Di Indonesia, kayu sonokeling ini banyak dijumpai di beberapa daerah di pulau Jawa yakni di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tapi untuk saat ini agak sulit untuk menemukannya sebab persediaan kayu ini memang mulai berkurang. Penyebabnya adalah masa tumbuh jenis pohon penghasil kayu ini tergolong lama yakni pohon sonokeling. Untuk saat ini, meskipun ada, mungkin akan sangat sulit menemukan kayu sonokeling dengan diameter batang atau log lebih dari 35 cm dan kalau pun ada, harganya pasti mahal. Ya tidak heran, seperti yang dipaparkan di atas, kayu ini kan memang tergolong kayu mewah jadi harganya juga wah.

Bicara soal harga, perhitungan harga kayu sonokeling sama halnya dengan jenis kayu lainnya, harga kayu sonokeling dihitung per meter kubik (M3) dengan standar harga bervariasi tergantung pada diameter batang. Semakin besar diameter batang maka semakin tinggi atau mahal harga kayu tersebut.
Kayu sonokeling memiliki tekstur halus dan memiliki nilai dekoratif yang bukan hanya cukup baik tapi sangat baik. Selain itu, kayu sonokeling juga dikenal sebagai jenis kayu yang memiliki tingkat keawetan sangat baik dan kayu ini juga kayu yang kuat. Maksudnya adalah kayu sonokeling sangat tahan dari serangan rayap atau serangga perusak kayu lainnya meskipun tanpa diberi bahan pengawet kayu terlebih dahulu. Jadi tidak perlu pengawet untuk menggunakan kayu ini. Kuat dalam artian untuk bagian teras kayunya dan bukan bagian gubal atau pinggir dari kayu. (Silahkan baca pengertian istilah kayu gubal dan kayu teras di Pengertian Kayu Gubal, Kayu Teras dan Lingkaran Tahun).
Di dalam perdagangan kayu, kayu sonokeling termasuk komoditas primadona atau jenis kayu yang berharga mahal dan sangat laris dipasaran karena kayu ini banyak dibutuhkan oleh pabrik-pabrik atau perusahaan-perusahaan pembuat venir mewah yang mayoritas hasil produksinya itu, yaitu venir dari kayu sonokeling digunakan sebagai pelapis pada permukaan kayu lapis mahal. 
Kayu sonokeling merupakan jenis kayu keras, maksudnya adalah kayu ini berpori-pori rapat sehingga tidak mudah lapuk atau tidak selunak kayu randu atau kayu kapuk dan sejenisnya. Kayu ini merupakan jenis kayu yang mudah dikerjakan sehingga kayu sonokeling termasuk ke dalam jenis kayu pertukangan yang baik. Kayu ini sangat cocok dan banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai produk olahan kayu dengan kualitas bagus. Macam-macam produk yang dihasilkan atau terbuat dari kayu sonokeling antara lain : produk-produk mebel yang meliputi lemari,kursi,meja,dipan, pintu, kusen, lantai kayu. Aneka kerajinan handycraft, barang-barang ukiran, alat-alat musik dan aneka barang berkualitas tinggi lainya.