Harga Kayu Jati Log atau Gelondong 2013

Bookmark and Share
Sudah sejak lama kayu jati dikenal oleh masyarakat sebagai jenis kayu yang harganya mahal, bahkan jauh lebih mahal dibanding harga jenis kayu lainnya. Anda tahu mengapa? Untuk alasannya, anda bisa baca di Penyebab Harga Kayu Jati Lebih Mahal dari Kayu lainnya. Tapi, meskipun harganya selalu lebih mahal daripada jenis kayu lainnya, tapi tetap saja peminat kayu ini hingga saat ini masih tergolong banyak. Apalagi di Jepara yang merupakan pusat industri permebelan, di sana selalu membutuhkan pasokan kayu jati dalam jumlah banyak untuk tiap bulannya sebab di sana banyak berdiri industri-industri permebelan yang membutuhkan kayu ini sebagai bahan baku utama untuk membuat aneka macam produk furniture.


Harga Kayu Jati Log atau Gelondong 2013
gambar dari http://kebun-jati.blogspot.com
Jika ada pertanyaan berapakah harga kayu jati ini (kayu jati yang berupa log atau gelondong)? Jawabannya adalah variatif, sebab pada dasarnya, untuk menentukan atau mengetahui harga sebuah kayu jati, terlebih dahulu anda harus mengetahui berapa diameter dari kayu jati yang ingin diketahui harganya itu. Sebab, harga kayu jati sangat dipengaruhi oleh faktor diameter kayu. Artinya, semakin besar diameternya maka harga per kubiknya juga akan semakin mahal, begitu juga sebaliknya. Harga kayu jati dengan diameter 16-19 cm (A1) tentu berbeda (lebih murah) daripada kayu jati yang berdiameter 22-28 cm (A2) (Baca apa itu A1,A2,A3 dan seterusnya).

Sementara itu, khusus untuk kayu jati perhutani, selain diameter kayunya, harga kayu ini juga dipengaruhi oleh ukuran panjang batangnya. Semakin panjang ukuran batangnya (potongan lognya) maka semakin mahal harganya. Misal untuk kayu dengan panjang < 2 meter tentu lebih murah dibanding harga kayu jati dengan panjang 2 meter ke atas. 

Tapi, bagi anda yang ingin mengetahui harga kayu jati secara sederhana, berikut ini adalah harga kayu jati di tahun 2013 yang diambil dari harga rata-ratanya:
  • Harga kayu jati A1 ( diameter 16 – 19 cm) berkisar antara 2,5jt – 2,8 jt per m³
  • Harga kayu jati A2 ( diameter 22,25,28 cm ) berkisar antara 3,4 jt – 3,6 jt per m³
  • Harga kayu jati A3 ( diameter 30 -39 cm ) berkisar antara 5,5 jt – 5,8 jt per m³
  • Harga kayu jati A4 ( diameter 40 – 49 cm ) berkisar antara 7 jt – 7,5 jt per m³
Kalaupun ada ketidaksamaan mengenai harga kayu jati ini di pasaran tempat anda, itu adalah hal wajar, pasalnya tiap-tiap pedagang antara daerah satu dengan daerah yang lainnya pasti berbeda dalam menawarkannya. Tapi selisih dari perbedaan harga tersebut tidak akan jauh-jauh amat dari harga di atas.