Macam-macam Jenis Kayu yang dijual di Perhutani

Bookmark and Share
Seperti yang telah disinggung pada postingan terdahulu, bahwa perhutani merupakan salah satu perusahaan penghasil sekaligus penjual kayu terbesar di Indonesia. Predikat tersebuat tidak berlebihan mengingat luasnya areal hutan yang dikelola oleh perhutani. Bahkan menurut klaim dari pihak perhutani sendiri, luas areal hutan yang dikelolanya sejauh ini tidak kurang dari 2,4 juta ha.  Tentu bukan perkara gampang untuk mengelola hutan seluas itu.


Macam-macam Jenis Kayu yang dijual di Perhutani
gambar dari http://img.lensaindonesia.com
Dan dengan areal hutan yang sangat luas tersebut, tentu perhutani memiliki persediaan kayu yang sangat melimpah untuk tiap periode penjualannya, jadi para pembeli tidak perlu khawatir kehabisan stok kayu. Tidak hanya persediaan kayunya saja yang melimpah, tapi bahkan ragam jenis kayu yang dihasilkan dan ditawarkannya juga pasti sangat banyak jenisnya. Tidak hanya kayu jati dan mahoni saja seperti yang banyak diketahui orang, melainkan lebih dari itu.

Memang hingga saat ini penyumbang pendapatan perhutani yang paling besar berasal dari penjualan kayu jati. Tapi, jenis-jenis kayu lain juga memiliki porsi yang tidak sedikit juga jumlahnya (meski tidak sebanyak kayu jati). Nah bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai jenis-jenis kayu apa saja yang dijual di perhutani, di bawah ini adalah  informasinya :

Kayu Jati
Jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang dijadikan andalan oleh perhutani. Bagaimana tidak, dari total pendapatan perhutani, kayu jati mampu menyumbangkan konstribusi pendapatan sebanyak 50 % pada tiap periode penjualannya.

Selain kayu jati, perhutani juga menjual jenis kayu lainnya yang dikenal dengan sebutan kayu rimba. Berikut ini adalah jenis-jenis kayu rimba yang juga dijual oleh perhutani :


Kayu Mahoni

Kayu Sonokeling

Kayu Sonokembang

Kayu Pinus

Kayu Damar

Kayu Gmelina

Kayu Sonobrit

Kayu Rasamala
Kayu Sengon

Kayu Jabon

Kayu Johar

Kayu Keruing

Kayu Ketangi

Kayu Mangir

Kayu Misopsis

Kayu Akasia

Dan bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk membeli kayu di perhutani, silahkan anda simak ulasan mengenai 4 cara membeli kayu di perhutani.