Kualitas Kayu Jati Sebagai Kayu Pertukangan

Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu tropis yang dikenal memiliki kualitas sangat baik. Kayu jati berasal dari pohon jati yang memiliki masa pertumbuhan sangat lama. Itu sebabnya persediaan kayu ini dipasaran tergolong sedikit dan harga untuk jenis kayu ini tergolong mahal.
kualitas kayu jati sebagai kayu pertukanganMungkin ada sebagian dari pembaca blog ini tidak sependapat dengan opini di atas yang menyebutkan kalau persediaan kayu jati dipasaran tergolong sedikit, sebab pada kenyataannya, banyak sekali industri permebelan yang menggunakan kayu jati sebagai bahan baku dalam memproduksi berbagai macam produk olahan kayu. Hal tersebut memang benar adanya, yang dimaksud sedikit adalah untuk kayu jati yang benar-benar berkualitas baik yang ditunjukkan pada tuanya umur kayu tersebut. Sedangkan kebanyakan kayu jati yang ada dan digunakan oleh industri-industri permebelan sekarang ini jarang ada yang berumur tua, atau dengan kata lain kayu yang digunakan tergolong relatif muda. Mungkin kayu tersebut diambil dari dari pohon yang berumur kurang dari 20 tahun.

Untuk industri permebelan yang menggunakan kayu jati tua sebagai bahan baku dalam proses produksinya, tentu harganya akan lebih mahal. Tetapi kayu jati tua memiliki banyak kelebihan daripada menggunakan kayu jati muda. Mau tahu kelebihannya apa? Secara umum kelebihan kayu jati tua terletak pada tingkat keawetan dan tingkat keindahan yang ditonjolkan oleh kayu tersebut.

Tingkat keawetan: Kayu jati tua memiliki tingkat keawetan sangat bagus meskipun tanpa diberi bahan-bahan pegawet kayu. Mungkin bahkan keawetan kayu ini bisa untuk generasi sesudah anda. Contohnya seperti yang kita lihat sekarang ini. Banyakkan sisa-sisa situs peninggalan penjajah terutama yang terbuat dari kayu jati yang masih utuh sampai sekarang. Loh kok bisa? Apa yang menyebabkan kayu tersebut sangat awet? Keawetan kayu jati terutama kayu jati tua disebabkan oleh kepadatan pori-pori dan serat pada kayu tersebut. Kayu jati tua memiliki serat dan pori-pori sangat padat sehingga kayu tersebut menjadi keras dan tidak mudah diserang rayap meskipun diletakkan pada tempat yang bersentuhan langsung dengan tanah. Apa hanya itu? Secara kasat mata memang seperti itu, tetapi saya pernah sekilas membaca referensi yang menyebutkan bahwa kayu jati memiliki semacam minyak yang secara ilmiah mampu menjadikan kayu ini awet. Tapi sayang sekali saya lupa referensi apa itu.

Tingkat keindahan: Kayu jati tua merupakan jenis kayu yang sangat indah bahkan ada yang menyebutnya memiliki kualitas nomer 1. Hal tersebut tidaklah berlebihan, sebab kayu jati memang memiliki tekstur, arah serat dan warna sangat bagus. Anda bisa membuktikannya sendiri.

Apakah kayu jati termasuk jenis kayu pertukangan? Pada dasarnya, kayu jati merupakan jenis kayu pertukangan dan fleksibel. Kayu ini bisa dengan mudah dikerjakan seperti dipotong, diserut dan diamplas sehingga banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk kayu bangunan, mebel, veener dan flooring, bahkan kayu jati yang lurus dengan panjang lebih dari 8 meter bisa dipakai untuk membuat perahu. Dan produk-produk yang menggunakan kayu jati sebagai bahan baku dalam proses pembuatannya pasti memiliki kualitas bagus.

Thanks for reading Kualitas Kayu Jati Sebagai Kayu Pertukangan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Kualitas Kayu Jati Sebagai Kayu Pertukangan Terkait Dengan:

Your Comments