Kayu Kelapa : Jenis Kayu Yang Banyak Digunakan

Bookmark and Share
Siapa yang tidak tahu tentang kayu kelapa? Kayu yang sering juga disebut glugu ini merupakan jenis kayu yang sangat populer dan banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat (masyarakat Indonesia). Di Indonesia, kebutuhan atau permintaan pasar terhadap jenis kayu kelapa ini sangatlah besar, sehingga kayu ini menjadi salah satu jenis kayu komersial yang banyak dicari dan diperjual-belikan.
Kayu Kelapa : Jenis Kayu Yang Banyak Digunakan
Gambar diambil dari http://mitra-khairi.blogspot.com

Sudah bukan rahasia lagi, jika kayu kelapa memang dikenal sebagai jenis kayu yang cukup kuat untuk digunakan. Oleh kebanyakan masyarakat, dari dulu, kayu ini lazim digunakan sebagai kayu bangunan yakni digunakan untuk membuat kuda-kuda (rangka) dan tiang atau pilar pada sebuah bangunan. Hal tersebut sangatlah memungkinkan, sebab pada umumnya, kayu kelapa memang berfisik panjang tanpa ada bengkok (lurus) jadi sangat cocok jika digunakan untuk membuat kuda-kuda atau pilar sebuah bangunan seperti rumah atau gudang yang membutuhkan tipe material yang panjang.

Dewasa ini, pemanfaatan atau penggunaan kayu kelapa tidak hanya terbatas untuk pembuatan kuda-kuda dan pilar saja. Tapi kini banyak juga industri-industri perkayuan (mebel) yang menggunakan kayu kelapa sebagai kayu pertukangan, yakni digunakan sebagai bahan baku untuk membuat aneka jenis handycraft dan furniture. Hal ini juga memungkinkan sebab kayu kelapa memang unik. Keunikannya tidak akan pernah bisa ditemui pada jenis kayu pertukangan lainnya. Keunikan yang paling kentara ada pada pori-pori dan serat kayunya. Pori-pori yang tampak besar-besar dan serat yang tampak jelas berjajar rapi membuat tampilan furniture kayu kelapa serasa membawa nuasa baru tidak seperti pakem furniture pada umumnya. Jika pada umumnya furniture dibuat menggunakan kayu yang berpori-pori dan berserat halus seperti kayu jati ataupun mahoni, Furniture kayu kelapa terkesan lebih nyeni dan nyentrik dengan tampilan pori-pori dan serat yang terlihat besar dan berjajar rapi.

Selain digunakan untuk membuat handicraft dan furniture, industri-industri perkayuan juga banyak yang mengolah kayu kelapa menjadi aneka produk bernilai tinggi lainnya, yakni digunakan sebagai bahan baku untuk membuat gazebo dan lantai kayu (parket). Khusus untuk parket, dibutuhkan perlakuan atau teknik khusus jika menggunakan kayu kelapa. Sebab serat kayu kelapa berbahaya, bisa melukai kaki jika kita berjalan di atasnya, jadi sederhananya, permukaan parket yang terbuat dari kayu kelapa harus benar-benar dihaluskan atau diratakan terlebih dahulu sebelum dipasang dan setelah itu barulah difinishing agar tidak mencederai pemakainya ketika berjalan di atasnya.