Review Tentang Furniture Kayu Jati

Bookmark and Share
Furniture yang terbuat dari kayu jati memang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan internasional sebagai jenis furniture yang memiliki kualitas sangat baik. Meskipun bila dilihat dari sisi harga, harga furniture kayu jati memang jauh lebih mahal dibanding harga furniture berbahan jenis kayu lainnya, tapi secara kekuatan dan keindahan kayunya (kualitas), furniture berbahan kayu jati masih menang alias jauh lebih baik dibanding furniture dari kayu lainnya. Entah itu model kursi, meja, lemari, atau model yang lainnya asal proses pembuatannya menggunakan kayu jati pasti kualitasnya akan baik. Apalagi kayu yang digunakan adalah kayu jati yang sudah lulus seleksi, pasti kualitasnya akan lebih terjamin.

Kualitas furniture kayu jati, yang paling gampang dapat dilihat atau tampak pada serat dan tekstur kayunya yang indah, bentuk serat dan teksturnya lebih bernilai estetika dibanding serat dan tekstur jenis kayu lainnya. Selain ditunjukkan pada keindahan serat dan tekstur kayunya, keunggulan kualitas furniture kayu jati ini juga ditunjukkan pada kekuatan dan kekokohannya yang sangat baik.

Kayu jati memiliki pori-pori yang padat sehingga daya rekatnya terhadap lem, sekrup atau paku sangat kuat (tidak mudah kocak akibat lepasnya sekrup). Selain itu, padatnya pori-pori pada kayu jati juga membuat furniture kayu jati cukup tahan terhadap kelapukan, bahkan furniture yang menggunakan kayu kayu yang sudah lulus seleksi mampu bertahan dari pengaruh cuaca. Oleh sebab itulah, kayu jati banyak dipilih oleh pabrik-pabrik pembuatan furniture khususnya pabrik yang spesialis furniture garden untuk membuat aneka macam produk furniture garden.

Di bawah ini adalah 6 contoh furniture mentah (belum difinishing) yang terbuat dari kayu jati:

Contoh Furniture Indoor Jati
Contoh Kursi Jati


Contoh Furniture Garden jati
Contoh Furniture Garden jati


Contoh lemari jati
Review Tentang Furniture Kayu Jati

Jika anda memiliki cukup dana, lebih baik anda membeli furniture yang menggunakan kayu jati sebagai bahan bakunya. Sebab, selain kuat dan tahan terhadap rayap, bentuk tekstur dan seratnya juga terkesan lebih eksklusif dibanding kayu lainnya. Dan, meskipun harganya lebih mahal dibanding furniture dari kayu lainnya, bukan berarti lebih boros. Memang sekilas terlihat menghabiskan lebih banyak uang apabila membeli furniture kayu jati, tapi jika dihitung lamanya masa pemakaian, tentu akan lebih hemat daripada membeli furniture yang terbuat dari kayu lain yang mungkin hanya mampu bertahan kurang dari 2 tahun dan setelah itu keropos dan rusak.