Tahukah Anda, Apa dan Seperti Apakah Vinir itu?

Vinir (veneer) adalah lembaran tipis yang terbuat dari kayu. Kebanyakan, vinir yang ada di pasaran saat ini memiliki ketebalan antara 0,2 mm hingga 1mm. Umumnya, vinir dibuat dari beberapa jenis kayu yang dikenal memiliki serat dan tekstur yang tergolong indah seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling dan jenis kayu berserat dan bertekstur indah lainnya.
Vinir atau Veneer
gambar dari http://www.danzer.com
Vinir banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pelapis furniture yang terbuat dari bahan kayu olahan seperti MDF, particle board, blockboard dan jenis kayu olahan lainnya (baca kayu solid dan kayu olahan untuk membuat furniture). Pemberian pelapis vinir ini bertujuan agar tampilannya terlihat lebih indah dan terkesan lebih natural. Malahan, penggunaan pelapis vinir pada furniture berbahan kayu olahan memiliki keunggulan yang sulit didapat pada penggunaan kayu solid yakni warna dan serat yang dihasilkan lebih seragam. Selain itu, keunggulan vinir lainnya adalah tidak adanya gubal dan cacat kayu seperti lubang, mata kayu, hati kayu dan cacat kayu lainnya.

Dan dalam pengaplikasiannya, vinir dapat digunakan pada bahan berbidang datar ataupun bahan yang berbidang lengkung. Sebab, pada dasarnya vinir memang sangat elastis, sehingga dapat diaplikasikan mengikuti bentuk dari bahan yang akan dilapisi.

Proses perekatan vinir pada permukaan bahan (partikel board atau MDF) biasanya dilakukan dengan cara mengelemkannya dengan menggunakan lem kayu. Dan dalam proses pengeleman ini, dibutuhkan sedikit kehati-hatian agar hasil akhirnya terlihat lebih rapi dan tidak tampak jika diberi pelapis vinir (tampak seperti kayu asli).

Thanks for reading Tahukah Anda, Apa dan Seperti Apakah Vinir itu? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tahukah Anda, Apa dan Seperti Apakah Vinir itu? Terkait Dengan:

Your Comments