Kelebihan dan Kekurangan Furniture Rotan

Bookmark and Share
Ketika anda berkeinginan untuk membeli furniture untuk mengisi ruang kosong di rumah anda. Ada baiknya jika anda teliti dulu mengenai apa dan seperti apa furniture yang anda butuhkan. Setelah itu, ada baiknya juga jika anda pertimbangkan furniture dari bahan apa yang sesuai dengan ruangan di rumah anda, apakah furniture berbahan kayu, besi, almunium, rotan dll. Sebab masing-masing bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri. 
kelebihan dan kelemahan furniture rotan
gambar dari http://www.griyainterior.com

Nah, khusus furniture rotan, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kelemahannya yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi anda:

Kelebihan atau keunggulan furniture rotan :

Harga : furniture rotan banyak diminati oleh masyarakat, salah satunya karena harganya lebih murah dibanding harga furniture kayu solid.

Motif yang beragam (fashionable): Furniture rotan selalu memiliki daya tarik tersendiri. Furniture rotan ini memiliki variasi motifnya yang sangat beragam dan selalu menarik untuk dilihat. Furniture rotan dapat dibuat dengan berbagai macam model sesuai dengan tren yang sedang booming seperti minimalis, anyaman, model bulat telur dll.

Mudah untuk dipindahkan: tidak seperti furniture kayu solid yang kebanyakan berbobot lumayan berat, bobot furniture rotan jauh lebih ringan sehingga furniture rotan ini sangat mudah untuk dipindah-pindah.

Sedangkan kelemahan atau kekurangan furniture rotan adalah :

Tingkat keawetan: umumnya, furniture rotan kurang awet, maksudnya sangat rentan terserang serangga perusak. Selain itu, furniture rotan kurang tepat jika digunakan pada tempat-tempat yang terkena panas matahari secara berlebihan atau pada tempat-tempat yang bersentuhan secara langsung dengan tanah sebab hal itu akan memperpendek masa pemakaiannya.

Konstruksi: umumnya, bila dibandingkan dengan furniture kayu, konstruksi pada furniture rotan masih kalah kuat (lebih mudah rusak).

Masalah kebersihan: pada furniture rotan yang desainnya banyak lubang tentu akan menjadi sarang debu pada sela-selanya. Dan bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk merawat perabotan rumah (furniture), jelas hal ini akan menjadi kendala, sebab jika tidak dibersihkan tentu saja akan mengurangi keindahan furniture tersebut.