Kesamaan Antara Kayu Jabon dan Kayu Sengon

Bookmark and Share
Secara umum, bila diamati lebih dalam, baik kayu jabon ataupun kayu sengon sebenarnya memiliki beberapa kesamaan. Tahukah anda apa saja kesamaan antara kayu jabon (baca kayu jabon dan spesifikasinya) dan kayu sengon (baca tentang kayu sengon) itu? Nah untuk menjawabnya, berikut ini adalah beberapa kesamaan antara keduanya:

Persamaan kayu jabon dan kayu sengon:

1. Keduanya sama-sama merupakan jenis kayu yang banyak dibutuhkan saat ini, terutama dibutuhkan oleh pabrik plywood sebagai bahan baku untuk membuat triplek.

2. Sebagai jenis kayu yang banyak dibutuhkan oleh industri perkayuan, maka, baik kayu jabon maupun kayu sengon tentunya memiliki nilai komesial cukup tinggi di pasaran (sama-sama bernilai komersial yang lumayan tinggi). Oleh sebab itu, banyak orang yang berbondong-bondong untuk berinvestasi dengan cara membudidayakannya.

3. Keduanya sama-sama merupakan jenis kayu yang berbatang silinder dan lurus.

4. Keduanya sama-sama memiliki masa panen yang tergolong cepat jika dibandingkan dengan masa panen kayu lain pada umumnya, yakni ± antara 5 hingga 7 tahun. Meskipun dalam prakteknya, masa panen kayu jabon lebih cepat dari pada masa panen kayu sengon.

5. Keduanya sama-sama berwarna kuning semu-semu putih.

6. Keduanya sama-sama tergolong jenis kayu lunak.

Lalu, lebih unggul mana antara kayu sengon dan kayu jabon?
persamaan kayu jabon dan kayu sengon
gambar dari http://19songolas.files.wordpress.com

Sebenarnya kurang tepat jika mencari mana yang lebih unggul dari kedua jenis kayu tersebut, sebab baik kayu jabon maupun kayu sengon memiliki karakter dan kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri.

Kalau begitu, apa yang menjadi alasan banyak orang yang lebih memilih untuk membudidayakan kayu jabon dari pada kayu sengon?

selain masa panennya lebih cepat dari masa panen kayu sengon, alasan banyak orang yang lebih memilih untuk berinvestasi (membudidayakan) kayu jabon adalah karena harga pasaran kayu jabon masih lebih mahal dari pada harga pasaran kayu sengon.

Lalu, apa alasan orang yang lebih memilih untuk berinvestasi pada kayu sengon dari pada berinvestasi pada kayu jabon?

Alasannya adalah sederhana yakni karena kayu sengon masih lebih populer dari pada kayu jabon. Kepopuleran itu berdampak pada mudahnya pemasaran kayu sengon. Faktanya, saat ini memang tidak begitu sulit untuk menjual kayu sengon di pasaran.