Cara Memperbaiki Pintu Kayu yang Sulit Dibuka dan Ditutup

Pernahkan anda mengalami masalah pada pintu kayu rumah anda, yang mulanya mudah diakses ( dibuka dan ditutup ) kemudian pada saat memasuki musim penghujan menjadi sulit diakses dan malah berbunyi ( berderik )? Jika jawabannya ya, sudah pasti penyebabnya adalah karena kayu pada pintu anda itu mengalami penyusutan. Penyusutan tersebut terjadi kemungkinan besar karena kayu yang dipakai untuk membuat pintu tersebut masih terlalu basah (kadar airnya masih tinggi).

Tetapi anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu panik akan masalah itu ( pintu yang sulit dibuka dan ditutup )? Sebab, setidaknya masih ada tiga cara yang bisa anda lakukan atau bisa anda jadikan solusi untuk memperbaiki atau untuk mengatasi masalah pada pintu yang sulit dibuka dan ditutup akibat penyusutan kayu ini.


pintu kayu
Cara yang pertama adalah dengan mengganti pintu yang lama ( pintu yang bermasalah ) dengan pintu yang baru. Jika anda berniat untuk mengganti pintu yang lama dengan pintu yang baru, anda harus memastikan bahwa pintu yang anda pilih tersebut dibuat dengan menggunakan kayu yang benar-benar kering (kalau bisa tingkat kekeringannya kurang dari 15%). Sebab, jika tingkat kekeringan kayu yang dipakai ini anda abaikan, pintu anda akan mengalami masalah yang serupa nantinya.Silahkan baca cara memilih pintu kayu

Cara yang kedua adalah dengan menyetel ulang pintu yang bermasalah tadi. Penyetelah yang dilakukan adalah dengan cara menyerut bagian pintu yang bermasalah. Contoh, jika yang bermasalah adalah bagian yang bawah ( bagian yang bersentuhan dengan lantai) maka bagian ini diserut menjadi lebih tipis (bisa menggunakan mesin plener atau gerinda). Tujuan penyerutan adalah agar posisi atau setelan pintu menjadi pas dengan kusen dan lantai (seperti sediakala).

Sedangkan cara yang ketiga ini adalah sebuah tips sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko terjadinya masalah pada pintu rumah anda. Cara ini bisa anda lakukan atau anda terapkan pada saat pemasangan pintu, yakni dengan memberi rongga atau jarak sekitar 1 cm antara pintu dengan kusen serta antara pintu dengan lantai. Rongga tersebut berfungsi sebagai tempat bagi penyusutan pintu nantinya, jadi meskipun memasuki musim hujan atau cuaca yang ekstrim sekalipun, pintu kayu rumah anda akan aman dan terbebas dari masalah, pintu kayu rumah anda masih bisa dibuka dan ditutup dengan mudah dan lancar.

Thanks for reading Cara Memperbaiki Pintu Kayu yang Sulit Dibuka dan Ditutup | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Cara Memperbaiki Pintu Kayu yang Sulit Dibuka dan Ditutup Terkait Dengan:

Your Comments