Jenis Furniture Indoor dan Jenis Furniture Garden

Secara garis besar, jenis-jenis furniture dibedakan menjadi 2 macam yakni furniture indoor dan furniture garden. Baik jenis furniture indoor maupun furniture garden pada dasarnya adalah sama, yakni sama-sama terbuat dari kayu, yang membedakan antara keduanya hanyalah dimana furniture itu digunakan atau ditempatkan.

Produk furniture yang dikategorikan ke dalam jenis furniture indoor adalah produk furniture yang penggunaannya atau penempatannya di dalam ruangan, contohnya bisa berupa tempat tidur, kabinet dapur, kursi tamu, lemari pakaian dll. Sedangkan yang dikategorikan sebagai furniture garden adalah kebalikannya yakni produk furniture yang penggunaannya di luar ruangan, contohnya seperti kursi kolam renang, meja makan garden, kursi taman dll.
furniture garden
gambar dari http://megumisekine.blogspot.com
Tentang Furniture Indoor dan Furniture Garden
gambar dari http://rimbakita.blogspot.com

Apakah bahan baku yang digunakan untuk membuat kedua jenis furniture tersebut berbeda?

Pada umumnya, bahan baku yang digunakan untuk membuat kedua jenis furniture tersebut memang berbeda. Bahan baku yang berbeda itu maksudnya bukan jenis bahan bakunya yang berbeda melainkan kualitas dari bahan bakunya yang berbeda (baca : kriteria bahan baku untuk mebel garden). Meskipun bahan baku yang digunakan untuk membuat kedua jenis furniture tersebut sama, misalkan kayu jati, tapi kualitas kayu jatinya yang berbeda.

Mengapa kualitas bahan baku untuk membuat kedua jenis furniture tersebut berbeda?

Karena antara furniture indoor dan furniture garden memiliki tingkat resiko kerusakan yang berbeda. Jadi dalam proses pembuatannya, harus ada perlakuan yang berbeda juga pada keduanya yakni dalam memilih bahan baku.

Lalu, lebih beresiko mana antara furniture indoor dan furniture garden dalam hal kerusakan?

Sesuai dengan lokasi penempatannya, furniture garden memiliki resiko kerusakan yang jauh lebih besar daripada resiko kerusakan pada jenis furniture indoor. Sebab dalam prakteknya, penggunaan furniture garden selalu berhubungan secara langsung dengan cuaca seperti panas atau hujan. Selain itu, furniture garden juga sering digunakan pada tempat-tempat yang bersentuhan langsung dengan tanah. Hal tersebut tentu saja akan membuat furniture garden ini menjadi tidak awet alias gampang rusak. Kerusakan pada furniture garden yang sering terjadi adalah berupa keropos, lapuk, melengkung, lepasnya konstruksi, retak dan bahkan pecah. Tetapi, lain halnya dengan furniture indoor, jenis furniture indoor ini memiliki resiko kerusakan yang lebih kecil daripada furniture garden, sebab furniture indoor tidak terpengaruh oleh cuaca dan tidak bersentuhan secara langsung dengan tanah.

Dari kedua jenis furniture tersebut (furniture indoor dan furniture garden), jenis furniture mana yang membutuhkan bahan baku berkualitas?

Jawabannya tentu saja furniture garden, penggunaan bahan baku yang berkualitas atau sesuai dengan kriteria akan meminimalisir resiko kerusakan pada jenis furniture garden. Tapi bukan berarti bahan baku untuk membuat jenis furniture indoor tidak berkualitas, tetap harus dibuat dengan bahan baku yang berkualitas, dan di sinilah proses produksi harus dikelola dengan bijak.

Thanks for reading Jenis Furniture Indoor dan Jenis Furniture Garden | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Jenis Furniture Indoor dan Jenis Furniture Garden Terkait Dengan:

Your Comments