Tentang Kayu Agathis ....

Kayu agathis !!! Mungkin bagi orang-orang pencinta alat musik nama jenis kayu ini tidaklah asing. Yups, kayu agathis memang sering digunakan oleh industri pembuat alat musik yakni sebagai bahan baku untuk pembuatan gitar. Meskipun, kualitas suara dari produk yang dihasilkan dengan menggunakan kayu agathis tidak baik-baik amat, tapi kayu ini bisa dijadikan alternatif sebab harganya tergolong lebih murah dibanding jenis bahan gitar lainnya.

Oia, di Indonesia, kayu agathis termasuk salah satu jenis kayu yang bernilai komersial lho (baca macam-macam kayu bernilai komersial). Hal tersebut dikarenakan banyaknya permintaan terhadap kayu ini sehingga popularitasnya terangkat dan memiliki nilai tawar di pasaran.
kayu agathis
gambar dari http://images.fordaq.com

Selain dibutuhkan oleh para pembuat gitar, sebenarnya kayu agathis ini juga banyak dibutuhkan oleh industri-industri pengolahan kayu lainnya. Dalam prakteknya, sering kali industri-industri pengolahan kayu itu menggunakan kayu agathis sebagai bahan baku dalam proses produksinya. Mereka menggunakan kayu ini untuk membuat berbagai macam produk furniture indoor yang bernilai jual tinggi di pasaran seperti meja kantor, kabinet dapur dll. Selain itu, kayu agathis juga banyak digunakan oleh pabrik plywood sebagai bahan baku untuk membuat triplek atau multiplek.

Bagi yang belum begitu memahami seperti apakah kayu agathis itu, berikut ini adalah spesifikasi dan sekaligus ciri-ciri umum kayu agathis:
  • Warna kayu: Dalam kondisi sudah berupa papan, bagian teras dan gubal kayu ini umunya berwarna sama yakni berwarna kuning tapi agak keputih-putih, dan terkadang ada yang berwarna kuning coklat agak merah jambu. Jadi antara bagian teras dan gubal pada kayu agathis ini hampir tidak terlihat batasnya. (baca apa itu gubal dan teras)
  • Tekstur kayu: kayu agathis banyak disenangi oleh masyarakat sebab kayu ini memang dikenal memiliki tekstur yang bagus yakni bertekstur halus dan merata.
  • Arah serat pada kayu: kebanyakan arah serat pada kayu agathis lurus, tapi kadang-kadang terpilin. Dan jika diraba, permukaan kayu ini terasa licin.
  • Bobot kayu: kayu agathis tergolong jenis kayu yang ringan meskipun tidak seringan kayu sengon ataupun kayu jabon. Menurut indonesianforest.com, kayu agathis memiliki berat jenis kering rata-rata sebesar 0,49.
  • Tingkat keawetan kayu: Kayu ini tergolong jenis kayu yang tidak awet-awet amat dan juga tidak mudah lapuk. Jadi dengan kata lain tingkat keawetannya sedang. Menurut data dephut.go.id, tingkat keawetan kayu agathis ini tergolong kelas IV dan tingkat kekuatannya tergolong kelas III.
  • Tingkat kekerasan kayu: tergolong sedang.
  • Sifat pengerjaan kayu: dalam prakteknya, pengerjaan kayu agathis tergolong mudah, kayu ini mudah dipotong, diserut, dibentuk dll.

Thanks for reading Tentang Kayu Agathis .... | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tentang Kayu Agathis .... Terkait Dengan:

Your Comments