Kayu Meranti !!!

Bookmark and Share
Tahukah anda apa itu kayu meranti? Kayu Meranti merupakan salah satu jenis kayu khas daerah tropis yang cukup terkenal. Dan kayu ini juga termasuk salah satu jenis kayu komersial yang banyak peminatnya. Di Indonesia, kayu meranti berasal dari beberapa daerah yakni Sumatra, Kalimantan, Maluku, dan beberapa juga ada yang berasal dari Sulawesi. Dan dari keempat daerah itu, Kalimantan merupakan daerah penghasil kayu meranti yang paling bagus dari pada tiga daerah lainnya, sehingga orang-orang banyak yang menyebut meranti sebagai kayu kalimantan. 

Di pasaran, kayu meranti dikenal memiliki tiga jenis yang berbeda, yakni meranti merah, meranti putih dan meranti kuning. Khusus untuk jenis kayu meranti kuning, daerah penghasilnya hanya ada dua yakni Sumatra dan Kalimantan saja.

Sebenarnya, kayu meranti, baik meranti merah, putih, kuning termasuk jenis kayu yang tidak terlalu awet, dalam tingkat keawetan kayu yang dirilis oleh dephut.go.id, kayu ini tergolong jenis kayu dengan tingkat awet kelas III hingga IV. Tapi, permintaan pasar terhadap kayu meranti ini tergolong banyak dan termasuk daftar terdepan untuk kategori komoditas yang sangat sering diperdagangkan. Kayu ini biasa digunakan sebagai kayu bangunan yakni untuk reng atau usuk sebuah bangunan. Selain itu, kayu meranti juga banyak digunakan oleh pabrik sebagai bahan baku untuk membuat aneka produk kayu olahan seperti kayu lapis dan venir.
kayu meranti

Untuk mendapatkan atau membeli kayu meranti ini tidaklah sulit, sebab kayu ini sekarang sudah banyak didistribusikan ke agen-agen penjual kayu kalimantan yang ada di berbagai daerah dan sudah dalam berbagai ukuran dan bentuk tentunya. Ada yang berbentuk balok, papan atau ukuran-ukuran tertentu yang selalu dibutuhkan dalam bangunan. 

Harga pasaran untuk kayu meranti ini bervariasi tergantung dimana lokasi penjualannya, karena harga kayu kalimantan (kayu meranti) sedikit banyak memang dipengaruhi oleh besar-kecilnya biaya transportasi yang dikeluarkan untuk proses pengangkutan kayu. Semakin dekat dengan pelabuhan tempat singgah kayu atau tempat transitnya kayu, tentu semakin murah harga kayu ini. 

Kayu meranti ini termasuk jenis kayu perdagangan yang peredarannya selalu dipantau oleh pemerintah, sehingga apabila anda ingin atau akan melakukan pembelian dalam jumlah besar atau pembelian langsung di tempat transit kayu, sebaiknya anda teliti dulu mengenai surat-surat kelengkapannya untuk jaga-jaga agar tidak ada masalah dikemudian hari.