Ikea Furniture : Brand Furniture Kelas Dunia

Bookmark and Share
Ikea Furniture ? Mungkin anda sudah sering mendengar tentang nama ini. Yups, tidak heran, sebab Ikea furniture memang sebuah brand mebel kelas atas dan bisnisnya telah menggurita bahkan hingga skala internasional. Kini, Ikea furniture sudah memiliki banyak jaringan atau cabang yang tersebar di berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Hampir di tiap-tiap negara selalu ada kantor cabang dari perusahaan furniture asal swedia ini.
ikea furniture : brand furniture dunia

Ikea furniture pertama kali dirintis atau didirikan oleh seorang anak berumur 17 tahun yang berasal dari Swedia, anak itu bernama Ingvar Kamprad. Seperti pada umumnya dalam dunia usaha, pada masa awal-awal berdiri adalah fase perjuangan yang sulit. Apalagi bagi seorang anak berusia 17 tahun, pada masa awal menahkodai bisnis furniturenya pasti menemui banyak sekali kendala dan kesulitan.

Tapi berkat perjuangan yang gigih dan insting bisnis yang tajam, Ingvar Kamprad mampu membawa bisnis furniturenya (Ikea furniture) keluar dari kesulitan dan mampu mengimbangi para pesaingnya. Adalah sebuah prestasi besar bagi seorang pebisnis muda yang bermodal pas-pasan. Sebab, pebisnis senior pun belum tentu bisa melakukannya. Harus benar-benar ulet dan memiliki strategi yang tepat untuk bisa melakukannya. Strategi yang digunakan oleh Ingvar Kamprad bisa dibilang sederhana yakni dengan mempertahankan harga murah tetapi tetap menjaga kualitas. Selain itu, untuk lebih menunjang atau meningkatkan omset penjualannya, Ia lantas membuat sebuah showroom kecil yang berfungsi untuk memajang produk-produk terbaru dan kualitas yang ia tawarkan. Strategi yang ia terapkan terbukti efektif, banyak konsumen tertarik dan akhirnya membeli produk furniturenya dan ia pun menuai banyak keuntungan. Dari keuntungan-keuntungan yang ia peroleh dari penjualan itu, lantas ia kelola dengan bijak dan lambat laun Ikea furniture yang ia nahkodai menjadi semakin berkembang dan mengalahkan para pesaing-pesaingnya yang dulu. 

Kini Ikea furniture telah menjadi sebuah brand furniture kelas dunia yang sangat terkenal, setara dengan coca cola untuk minuman ringan dan McDonald untuk brand makanan cepat saji. Mungkin hal ini tidak pernah terbayang oleh Ingvar Kamprad pada saat petama kali merintisnya. Tapi itulah kenyataannya, perusahaan yang ia dirikan kini telah menggurita menjadi sebuah perusahaan furniture raksasa yang memiliki lebih dari 200 outlet yang tersebar di 31 negara dan memiliki lebih dari 75 000 pekerja. Dan Ikea furniture juga menyediakan desain-desain eksklusif yang disesuaikan dengan karakter tiap-tiap negar. Untuk itu, Ikea furniture selalu menggandeng seorang desainer furniture papan atas dari tiap-tiap negara agar mendapatkan desain furniture yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan pasar.