Ulasan atau Review Mengenai Furniture Berbahan Kayu Sonokeling

Bookmark and Share
Apakah anda sedang mencari sebuah furniture yang berbahan kayu sonokeling? Tapi masih waswas akan kualitasnya? Nah, jika jawabannya adalah iya, sebaiknya anda simak ulasan berikut ini, barangkali bisa menjadi pertimbangan anda untuk membeli furniture :

Salah satu kelemahan furniture berbahan kayu sonokeling ini adalah jika disertakan bagian gubal pada komponen furniturenya (baca apa itu gubal), maksudnya adalah untuk furniture kayu sonokeling yang kayunya terdapat banyak bagian gubal jelas kurang berkualitas. Mengapa? Sebab, gubal kayu sonokeling sangat rentan sekali dimakan rayap atau serangga perusak kayu lainnya, selain itu gubal kayu sonokeling juga mudah keropos jika ditempatkan pada tempat-tempat yang lembab atau bersentuhan langsung dengan tanah.

ulasan atau review furniture kayu sonokeling
gambar dari http://diallynantiquefurniture.blogspot.com
Tapi, furniture berbahan kayu sonokeling juga memiliki kelebihan atau keunggulan yang jarang ditemui pada furniture berbahan kayu lainnya. Keunggulan atau kelebihan furniture berbahan kayu sonokeling ini terdapat pada serat dan tekstur kayunya. Serat dan tekstur pada kayu sonokeling termasuk indah dan bernilai dekoratif yang mampu menjadikan furniture yang dibuat menggunakan kayu ini terlihat mewah dan menarik. Selain seratnya yang terkenal indah, kayu sonokeling juga memiliki kelebihan lain yaitu warna kayunya yang unik. Dikatakan unik sebab kayu sonokeling berwarna gelap (hitam keungu-unguan) secara alami (tanpa diberi pewarna). Tapi, warna yang unik tersebut juga bisa menjadi sebuah kelemahan dari kayu ini. Mengapa? Sebab, bagi anda yang suka dengan furniture yang finishingnya menggunakan warna-warna terang atau natural seperti walnut brown, candy cb, cocoa brown dll, furniture berbahan kayu sonokeling ini kurang cocok. Sebab, warna alami kayunya sudah gelap jadi tidak bisa difinishing dengan warna-warna muda atau warna natural.

Kelebihan lainnya adalah harganya yang tergolong murah untuk golongan kayu yang dikenal indah dan kuat. Furniture yang menggunakan kayu sonokeling sebagai bahannya ini lebih murah dari pada furniture berbahan kayu jati. Meskipun murah, bukan berarti murahan atau kualitasnya jelek lho. Asalkan tidak disertakan bagian gubal ketika proses pembuatannya, furniture berbahan kayu sonokeling ini cukup awet dan kuat ketika digunakan. Jadi furniture berbahan kayu sonokeling ini cocok bagi anda yang menginginkan furniture dengan kualitas baik tapi harganya tidak mahal-mahal amat (masih terjangkau).