Kayu Kamper dan Harganya

Bookmark and Share

Kayu Kamper merupakan salah satu jenis kayu khas dari daerah tropis, salah satunya seperti Indonesia. Di negara ini, kayu kamper banyak terdapat di pulau Kalimantan. Bahkan kamper samarinda telah lama dikenal oleh masyarakat (khususnya masyarakat Indonesia) sebagai jenis kayu kamper yang memiliki kualitas baik.

Dan karena kualitasnya terbukti cukup baik, tentunya kayu kamper ini memiliki banyak peminat sehingga menjadikan kayu ini sebagai salah satu jenis kayu komersial di Indonesia (baca 131 daftar jenis kayu komersial).
kayu kamper dan harganya
gambar dari http://www.jual-beli.com

Kayu kamper memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan kayu mahoni, yakni kayunya berwarna merah dan memiliki tekstur yang cukup halus. Kayu ini juga terbukti cukup kuat dan awet sebagaimana kayu mahoni. Sehingga kayu ini sangat sering digunakan oleh masyarakat sebagai kayu bangunan yakni untuk reng dan usuk sebuah bangunan. Selain itu, kayu ini juga dikenal sebagai jenis kayu pertukangan sebab tidak jarang kayu ini digunakan sebagai bahan baku untuk membuat aneka macam pintu rumah beserta kusen dan losternya, sebab kayu ini memang mudah untuk dikerjakan dan hasilnya bagus.

Meskipun memiliki ciri-ciri yang hampir sama antara kayu kamper dan kayu mahoni, tapi soal harga, harga kayu kamper jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu mahoni. Saat ini, harga per meter kubik (m³) kayu kamper di pasaran (khususnya harga di Jawa) mencapai angka 8 jutaan (harga untuk kayu yang sudah diproses atau bukan kayu lognya). Sedangkan harga kayu kamper untuk per batangnya anda bisa lihat di bawah ini:

Harga kayu kamper untuk ukuran reng

  • Ukuran 2 cm x 3 cm x  4 m = Rp 22.000 per batang
  • Ukuran 3 cm x 3 cm x 4 m = Rp 35.000 per batang

Harga kayu kamper untuk ukuran kaso

  • Ukuran 4 cm x 6 cm x 4 m = Rp 67.000 per batang
  • Ukuran 5 cm x 7 cm x 4 m = Rp 95.000 per batang

Harga kayu kamper untuk ukuran balok

  • Ukuran 6 cm x 12 cm x 4 m = Rp 230.000 per balok
  • Ukuran 6 cm x 15 cm x 4 m = Rp 288.000 per balok
  • Ukuran 8 cm x 12 cm x 4 m = Rp 310.000 per balok

Harga kayu kamper untuk ukuran papan atau sirap

  • Ukuran 3 cm x 20 cm x 4 m = Rp 195.000 per lembar
  • Ukuran 4 cm x 20 cm x 4 m = Rp 265.000 per lembar