Furniture Knockdown !!!

Bookmark and Share
Apa itu Furniture Knockdown mas? Pertanyaan seperti inilah yang sering saya terima dari para calon customer saya di toko. Jadi saya mengambil sebuah kesimpulan bahwa ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa dan seperti apa furniture knockdown itu?

Sebenarnya, furniture knockdown adalah sebuah kontruksi pada produk mebel yang dalam pembuatannya menggunakan sistem lepasan atau bongkar pasang. Atau cara gampangnya, furniture knockdown dapat diartikan sebagai furniture yang bisa dibongkar pasang (dibongkar lalu dirakit kembali). Jadi kekuatan pada furniture knockdown sebagian besar berasal dari baut atau sekrup yang digunakan untuk merekatkan komponen-komponen antar bagian, sebab dalam konstruksi ini tidak menggunakan lem sama sekali pada sambungan antar komponennya.

Jika tidak menggunakan lem, Apakah konstruksi pada furniture dengan sistem knockdown ini bisa kuat (tidak reyot)?

Jawabannya adalah relatif!!! Maksudnya, jika dalam proses pembuatannya betul-betul memperhitungkan sisi kekuatan konstruksi secara detail, mungkin furniture knockdown tersebut akan kuat atau kokoh. Tapi jika dalam proses pembuatannya hanya ambil gampangnya saja, sudah pasti furniture knockdown yang dibuat itu akan bermasalah atau malah tidak nyaman penggunaannya (menyulitkan sebab pasangannya tidak pas).

Apakah furniture knockdown sama dengan furniture lipat?

Jelas tidak sama, sesuai dengan pengertian sederhana di atas, furniture knockdown adalah jenis furniture yang bisa dibongkar pasang, sedangkan furniture lipat adalah jenis furniture yang bisa dilipat sedemikian rupa ketika sudah tidak digunakan.

Jenis furniture apa saja yang bisa dibuat dengan sistem knockdown?
furniture knockdown
gambar dari http://3.bp.blogspot.com

Pada dasarnya, semua jenis furniture bisa dibuat dengan menggunakan sistem knockdown ini baik Lemari, kursi, kabinet dapur(kitchen set),meja, dipan (tempat tidur) dan jenis-jenis lainnya. Tapi jenis furniture yang sering dibuat dengan sistem knockdown ini biasanya adalah jenis furniture yang memiliki ukuran besar dan sulit dipindahkan.

Bagaimanakah proses pembuatan furniture knockdown? Apakah sama sulitnya dengan proses pembuatan furniture paten?

Proses pembuatan antara furniture paten ataupun furniture knockdown, secara garis besar memang tidak jauh beda. Tapi, dalam prakteknya, proses pembuatan furniture dengan sistem bongkar pasang ini memang membutuhkan kejelian, perhitungan ukuran dan ketelatenan yang lebih ekstra daripada membuat furniture dengan sistem konstruksi paten. Bahkan, faktanya tidak sembarang tukang kayu (pengrajin) dapat diberi pekerjaan jenis furniture knockdown ini, harus dipilih tukang yang memang benar-benar mahir, berpengalaman dan telaten jika ingin furniture knockdown yang dibuat bisa sesuai dengan harapan (mudah digunakan).

Ruangan seperti apa yang cocok untuk furniture dengan sistem knockdown?

Sesuai dengan pengertian furniture knockdown di atas (bisa dibongkar dan dipasang kembali), jelas sekali jika furniture knockdown sangat cocok sekali untuk mengisi tempat-tempat atau ruang-ruang yang sulit dijangkau, salah satunya seperti ruangan yang berada di tingkat atas (untuk rumah yang bertingkat), sebab hal ini akan sangat memudahkan anda.