3 Kriteria Kayu yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Triplek

Tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk membuat triplek, sebab, sedikitnya ada 3 syarat atau kriteria yang harus ada pada sebuah kayu agar bisa digunakan untuk membuat triplek. Anda tahu apa ke-3 syarat atau kriteria itu? Jika ada yang belum tahu mengenai kriteria kayu seperti apa yang bisa dipakai untuk membuat triplek, berikut ini adalah ke-3 kriteria kayu tersebut:

Pertama adalah bentuk fisik kayu harus bulat. Maksudnya, kayu yang cocok digunakan untuk bahan baku pembuatan triplek adalah kayu yang memiliki tingkat kebulatan yang sempurna pada batangnya. Sebab pertimbangannya adalah kayu yang memiliki tingkat kebulatan yang baik, pemanfaatannya bisa jauh lebih dimaksimalkan atau dengan kata lain tidak banyak kayu yang terbuang.

Kedua adalah bentuk fisik kayu harus lurus. Selain tingkat kebulatan yang sempurna (katakanlah 90 % sempurna), tingkat kelurusan kayu juga menjadi syarat penting dalam hal ini.

Ketiga adalah persediaan yang banyak. Persediaan yang banyak tentunya akan berhubungan dengan kecepatan masa tumbuh pohon penghasil kayu itu sendiri. Sebab kalau syarat ini tidak terpenuhi, proses produksi pabrik akan mengalami gangguan sebab pasokan kayu (bahan baku) tidak konsisten.
triplek
gambar dari http://infosoloraya.com

Lalu, jenis kayu apa yang memenuhi kriteria tersebut?

Jenis kayu yang cocok dipakai untuk pembuatan triplek adalah kayu jabon dan kayu sengon. Sebab, baik kayu jabon maupun kayu sengon memang memenuhi ke-3 kriteria di atas. Dan itulah mengapa, baik kayu jabon maupun kayu sengon banyak digunakan oleh pabrik-pabrik pembuatan triplek. Sebab kedua jenis kayu tersebut selain dikenal berbatang bulat dan lurus, juga memiliki dikenal sebagai tanaman yang memiliki masa tumbuh yang sangat cepat dibanding tanaman kayu-kayuan lainnya sehingga persediaan akan kedua jenis kayu tersebut (kayu jabon dan kayu sengon) sangat banyak.

Apakah tidak ada jenis kayu lain yang bisa dipakai untuk membuat triplek selain kayu kedua jenis kayu tersebut?

Tentu ada, salah satunya adalah kayu jati. Kayu jati (yang kondisi fisiknya memenuhi kriteria) juga biasa dipakai dalam proses pembuatan triplek. Di pasaran, triplek dari kayu jati dikenal dengan nama teak blok.

Thanks for reading 3 Kriteria Kayu yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Triplek | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

3 Kriteria Kayu yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Triplek Terkait Dengan:

Your Comments