Furniture Indonesia : Popularitasnya di Level Internasional

Bookmark and Share
Selain dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil hutan ( maksudnya kayu ), Indonesia juga sangat dikenal sebagai negara penghasil atau negara produsen aneka macam furniture berkualitas. Bahkan, popularitas furniture Indonesia tidak hanya dikenal dalam lingkup domestik, melainkan di tingkat Internasional pun furniture – furniture dari Indonesia ini sudah lama memiliki tempat.
furniture indonesia
Indikator popularitas furniture Indonesia di tingkat Internasional ini ditunjukkan oleh banyaknya volume permintaan yang berasal dari negara-negara luar negeri terhadap produk-produk furniture dari Indonesia untuk tiap tahunnya. Bahkan, meskipun kini sudah banyak muncul negara-negara pengekspor furniture baru seperti Thailand, Vietnam, China dll, tetapi volume permintaan atau volume ekspor furniture Indonesia terus-menerus selalu mengalami kenaikan atau peningkatan setiap tahunnya. Hal ini jelas merupakan sebuah pengakuan dari negara-negara Internasional ( negara – negara pengimpor furniture) kalau kualitas furniture Indonesia tidak mengecewakan dan boleh adu dengan kualitas furniture dari negara pengekspor atau penghasil furniture lainnya.

Peningkatan volume permintaan dari luar negeri terhadap furniture Indonesia ini tidak bisa lepas dari kreativitas industri-industri permebelan yang ada di Indonesia. Industri-industri permebelan inilah yang menjadi aktor penting yang membuat furniture Indonesia memiliki nama ( diperhitungkan ) hingga level Internasional. Mereka mampu memproduksi aneka jenis furniture berkualitas dengan desain dan konstruksi yang kokoh dan kuat serta dengan harga yang sangat kompetitif sehingga furniture-furniture dari Indonesia ini memiliki nilai tawar atau daya saing yang kuat di level Internasional.

Selain itu, industri-industri permebelan di Indonesia ini selalu aktif melakukan inovasi untuk selalu menghadirkan desain-desain furniture yang baru dan original sehingga furniturefurniture dari Indonesia ini bisa mampu mempertahankan eksistensi dan kepopularitasannya dibawah gempuran furniture-furniture dari negara lain.  

Jenisjenis furniture dari Indonesia ( baik furniture garden ataupun furniture indoor ) yang banyak diminati oleh pasar Internasional sebagian besar adalah jenis furniture yang terbuat dari kayu solid seperti kayu jati, kayu sonokeling, kayu suar, kayu mahoni dan bahkan kini furniture dari kayu kelapa pun juga mulai masuk dalam pasar Internasional.

Meskipun sebagian besar furniture berbahan kayu solid mendominasi, bukan berarti furniture berbahan selain kayu solid tidak disukai oleh masyarakat Internasional. Faktanya furniture berbahan rotan dari Indonesia juga memiliki tempat yang baik di level Intenasional. Furniture rotan dari Indonesia dikenal unik dan bernilai tinggi baik dari sisi desain maupun kualitas pengerjaan. Selain furniture rotan, masih ada lagi jenis furniture dari Indonesia yang sangat disukai oleh masyarakat Internasional, yakni furniture dari kayu solid yang dipadukan dengan eceng gondok. Jenis furniture ini sangat laris sebab furniture perpaduan antara kayu dan eceng gondok dari Indonesia ini mampu menonjolkan kesan elegan tanpa meninggalkan kesan naturalnya pada desainnya.