Tentang Ukiran Jepara !

Bookmark and Share
Berbicara mengenai ukir-ukiran, yang pertama kali terlintas di pikiran pasti ukiran jepara. Tidak heran memang, sebab di Indonesia, jepara merupakan salah satu kawasan industri permebelan yang sangat besar dan banyak menghasilkan aneka macam produk ukir-ukiran berkualitas dan bernilai tinggi. Hingga saat ini, produk ukir-ukiran jepara telah didistribusikan secara luas ke banyak daerah. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia pasti terdapat produk ukir-ukiran yang berasal dari jepara, baik berupa handycraft, mebel, kaligrafi, relief ataupun jenis produk ukir-ukiran lainya. Bahkan ada sebagian orang yang mengatakan kalau kiblatnya ukir-ukiran di Indonesia ya ada di Jepara. Meskipun di daerah-daerah lain tentunya juga ada kawasan industri serupa tapi perkembangannya tidak semaju dan sepesat di Jepara.
Ukiran Jepara
Kepopularitasan ukiran jepara tidak hanya terbatas di Indonesia saja , tapi juga sangat tersohor hingga ke mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan dari Amerika dan negara-negara eropa terhadap produk ukir-ukiran jepara. Selain itu, produk ukir-ukiran jepara juga rutin diekspor ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Brunei dan Singapura.

Apa sih yang membuat ukiran jepara begitu populer dan sangat digemari baik di dalam negeri maupun mancanegara?

Sebenarnya hanya ada tiga hal mendasar atau kunci penting yang membuat ukiran jepara sangat digemari dan juga populer, yaitu inovasi (up to date), tampilan dan keterampilan (profesionalitas si pengukir).

  • Inovatif : Jika diamati, motif ukir-ukiran jepara pasti selalu berubah-ubah mengikuti tren, jadi motifnya tidak monoton (tidak membosankan), dengan kata lain motif ukiran jepara selalu inovatif. Kalau dulu ukir-ukiran jepara kebanyakan bermotif rumit (klasik) ala mak lampir, kini di era modern motif ukir-ukiran jepara dibuat lebih simpel dengan tujuan lebih menonjolkan kesan minimalis sesuai dengan kebanyakan konsep rumah saat ini.
  • Tampilan : ini merupakan ciri khas dari ukiran jepara. Tampilan ukiran jepara selalu terlihat luwes (tidak terlihat kaku) dan terlihat rapi sehingga ukirannya menarik dan enak dipandang (lebih bernilai). 
  • Pengukir : Untuk menciptakan motif ukiran yang inovatif dan tampilan menarik tidaklah mudah. Untuk ini dibutuhkan keahlian dan ketelatenan yang tinggi dari seorang pengukir. Selain itu, kreativitas dari si pengukir juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan motif ukiran yang selalu inovatif.