Jepara dan Pasuruan : Tempat Kulakan Furniture di Indonesia

Bookmark and Share
Bagi anda yang masih baru atau ingin memulai usaha di bidang furniture, informasi mengenai tempat kulakan furniture ini (baik untuk furniture yang masih mentah maupun yang sudah difinishing) mungkin bisa bermanfaat untuk membantu kelancaran bisnis furniture anda. Di Indonesia, setidaknya ada  dua tempat yang sangat terkenal dan selalu menjadi jujukan bagi para pebisnis furniture untuk kulakan barang-barang, yakni Jepara dan Pasuruan. Sangking terkenalnya (Jepara dan Pasuruan), orang-orang yang kulakan di sana tidak hanya berasal dari daerah-daerah sekitar, melainkan banyak juga yang berasal dari luar kota, luar pulau dan bahkan buyer dari luar negeripun juga banyak.
tempat kulakan furniture
gambar dari http://www.productsdb.com

Pasuruan, adalah tempat kulakan furniture (baik furniture mentah maupun furniture yang sudah difinishing) yang berada di provinsi Jawa Timur. Di sini, ada dua desa yang selalu ramai dikunjungi oleh para pebisnis furniture untuk kulakan barang yakni desa Krapyak dan Bukir. Orang yang kulakan di sini, kebanyakan berasal dari luar kota seperti Jember, Malang, Surabaya, Probolinggo, Madiun, Bondowoso, Banyuwangi dll, dan beberapa juga berasal dari luar pulau seperti Madura, Kalimantan dan Sulawesi.

Sedangkan jepara, terletak di provinsi Jawa Tengah. Di sini, orang-orang yang kulakan furniture berasal dari banyak daerah, hampir seluruh Indonesia dan tidak sedikit pula yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Eropa dan Amerika. Sebab, Produktifitas Jepara sebagai penghasil mebel memang berbeda dengan pasuruan, Jika di Pasuruan hanya ada dua tempat atau desa yang selalu ramai dan menjadi pusat atau jujukan bagi orang-orang yang ingin kulakan furniture, Di Jepara ini, jauh lebih banyak lagi tempat atau desa yang menjadi pusat kulakan furniture, sebab hampir 80% dari total penduduk Jepara berkecimpung dalam industri furniture dan hampir 80% juga dari mereka selalu mengandalkan furniture sebagai mata pencaharian utama. So, hampir semua desa di Jepara merupakan pusat untuk kulakan furniture

Kulakan furniture di Jepara sangat mudah dan efisien, sebab di sini, penataannya sangat  baik (satu desa hanya memproduksi satu jenis barang) sehingga sangat memudahkan dan menghemat waktu anda dalam mencari furniture yang diincar. Contohnya : jika anda mencari furniture jenis dipan atau tempat tidur, anda tidak perlu keliling seluruh Jepara untuk menemukannya, anda cukup menjalankan kendaraan anda menuju desa Tahunan saja, sebab dipan hanya di produksi di desa itu. Di sepanjang jalan di desa Tahunan dari ujung hingga ujung, anda nanti akan disuguhi dengan pemandangan yang membuat geleng-geleng kepala yakni tempat tidur dengan jumlah banyak dengan berbagai jenis dan model serta ukuran.

Dan sekedar referensi yang mungkin bermanfaat, berikut adalah tempat-tempat atau nama desa yang bisa menjadi jujukan bagi anda untuk kulakan furniture di Jepara :

Tahunan : tempat kulakan Tempat Tidur, Mimbar, Lemari Jam
Mangunan : tempat kulakan lemari dan buffet
Petekeyan : tempat kulakan kursi tamu minimalis
Senenan : tempat kulakan meja rias, sketsel dan gebyok
Sukodono : tempat kulakan kursi tamu dan kursi makan dengan ukiran plong
Tegal sambi : tempat kulakan kursi tamu ukir seperti kursi arimbi, kursi hongkong dll
Clumek : tempat kulakan kursi sudut
Mlonggo : tempat kulakan furniture garden