Perhutani : Tempat Penghasil Kayu Gelondong

Perhutani adalah sebuah perum milik negara yang telah lama dikenal sebagai tempat penghasil kayu (penghasil kayu gelondong atau kayu log) resmi, legal dan terpercaya. Perhutani ini beroperasi dan berpusat di pulau Jawa dengan unit-unit kantor yang tersebar diberbagai kota. Meskipun wilayah kerjanya hanya di pulau Jawa, tapi peran atau kiprahnya bagi dunia perkayuan Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata alias sangat penting. Sebab faktanya, banyak sekali industri-industri perkayuan atau orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia perkayuan dari luar Jawa yang juga sangat mengandalkan perhutani dalam urusan penyediaan bahan baku (yakni berupa kayu gelondong) untuk menjaga kelancaran proses produksi mereka. 
perhutani

Mengandalkan perhutani sebagai pemasok atau penyedia kayu tidaklah berlebihan atau dengan kata lain sangat tepat, sebab perhutani memang bisa diandalkan dalam masalah penyediaan kayu ini. Setiap tahunnya, perhutani secara rutin mampu menghasilkan kayu (kayu gelondong) dalam jumlah yang sangat banyak, yakni dalam angka ribuan meter kubik atau bahkan puluhan ribu meter kubik. Angka yang tidak mungkin bisa dikejar oleh penghasil kayu biasa (yang tidak benar-benar besar). Dan jenis-jenis kayu yang dihasilkan oleh perhutani kebanyakan adalah jenis kayu pertukangan yang banyak dibutuhkan oleh industri pengolahan kayu seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu akasia, kayu mangir, kayu johar, kayu ketangi dan jenis kayu jawa lainnya.

Bagaimana perhutani menyediakan atau menghasilkan kayu sebanyak itu?

Mungkin itulah pertanyaan yang sering terlontar oleh kita. Ribuan meter kubik kayu yang dihasilkan oleh perhutani setiap tahunnya itu berasal dari hutan produksi milik perhutani sendiri. Sesuai data dari perum perhutani, kawasan hutan produksi yang dikelola oleh perum perhutani sangatlah banyak dan lokasinya tersebar di berbagai wilayah di seluruh pulau Jawa, totalnya sekitar 1.750.860 ha (khusus hutan produksinya saja).

Tetapi, sebagai perusahaan milik negara yang memiliki kawasan hutan sangat luas, perhutani tidak hanya mampu menghasilkan kayu dalam jumlah banyak saja, melainkan perhutani juga dituntut harus bisa menjadi contoh pertama dalam urusan menjaga keseimbangan ekosistem alam, yakni harus bisa menjaga keseimbangan antara jumlah pohon atau kayu yang ditebang atau dijual dengan jumlah pembibitan kembali yang dilakukan. Dan dalam perjalanannya, perhutani terbukti mampu melakukannya, hanya saja yang menjadi kendala besar bagi kelancaran kinerjanya hingga saat ini adalah aksi-aksi pembalakan liar atau illegal logging di hutan milik perhutani yang selama ini terus terjadi.

Thanks for reading Perhutani : Tempat Penghasil Kayu Gelondong | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Perhutani : Tempat Penghasil Kayu Gelondong Terkait Dengan:

Your Comments