Alat-alat Pertukangan

Dalam industri permebelan, keberadaan alat-alat pertukangan yang memadai sangatlah penting. Sebab keberadaan peralatan yang memadai ini akan sangat berpengaruh terhadap efisiensi pengerjaan atau efisiensi proses produksi yakni bisa lebih menghemat waktu dan biaya. Apalagi, penggunanya trampil dalam menggunakan alat-alat pertukangan tersebut.

Berikut ini adalah jenis-jenis peralatan pertukangan standart yang mutlak harus ada dalam industri permebelan :

Bandsaw
gambar dari http://mulyojatiindah.blogspot.com
1. Bandsaw : alat ini bisa dianggap penting tapi juga bisa tidak. Maksudnya, bagi industri permebelan yang bahan bakunya (kayu) sudah berupa lembaran atau sirap, keberadaan alat ini tidak penting. Tetapi jika persediaan bahan baku masih berupa kayu gelondong atau kayu log, keberadaan alat ini sangat penting sebab bandsaw adalah gergaji serkel yang ukurannya besar, fungsinya untuk menggergaji kayu gelondong menjadi sirap atau lembaran.

2. Mesin serut atau mesin plener : Keberadaan mesin ini mutlak harus ada, mesin ini berfungsi untuk meratakan bidang kayu sebelum dibentuk. Secara garis besar, mesin plener ini ada 2 jenis yakni mesin plener  meja dan mesin plener tangan atau genggam.
alat permebelan
gambar dari http://anakunhas.com

Mesin plener meja : jenis alat serut ini lebih cocok digunakan untuk meratakan kayu yang berbidang lebar seperti lemari, meja, pintu dll

Sedangkan mesin plener tangan sangat fleksibel, bisa untuk meratakan kayu berbidang lebar maupun bagian kayu yang sulit dijangkau. Tapi, biasanya plener tangan ini digunakan untuk meratakan sambungan antar komponen kayu.

3. Mesin profil : mesin ini sering dibutuhkan untuk pembuatan variasi profilan pada kayu.

4. Mesin gergaji : mesin gergaji ini ada banyak macamnya, tetapi hanya ada 2 jenis yang paling penting yakni :

pertama adalah mesin gergaji potong yang berfungsi untuk memotong bidang lurus

kedua adalah mesin gergaji serkel yang memiliki fungsi untuk memotong atau membentuk kayu supaya hasilnya bengkok atau melengkung.
peralatan mebel
gambar dari http://www.perkakasku.com

5. Mesin bor : berfungsi untuk mengebor kayu.

Dan alat-alat pendukung lainnya adalah

1. Palu : berfungsi sebagai alat dorong bahan pelengkap lainnya seperti untuk menancapkan paku pada kayu.

2. Tata atau pahat : alat ini memiliki banyak kegunaan. Alat ini juga bisa digunakan untuk membuat lubang purusan pada kayu.

3. Obeng : alat ini berfungsi untuk memasang sekrup pada kayu.

4. Siku : alat ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kesikuan barang pada saat dikerjakan.

5. Jidar atau mistar : biasanya, alat ini digunakan untuk membuat garis lurus pada kayu agar ketika kayu tersebut digergaji, hasilnya bisa benar-benar lurus.

6. Pensil : biasa digunakan untuk membuat mal atau bentuk komponen untuk barang yang akan dibuat.

Selain alat-alat pertukangan yang sudah disebutkan di atas itu, sebenarnya masih ada peralatan lain yang biasa digunakan dalam industri permebelan, tapi peralatan di atas sudah cukup atau alat standar yang harus ada dalam industri permebelan agar proses produksinya bisa lebih lancar dan lebih efisien terhadap waktu dan biaya juga tentunya.

Thanks for reading Alat-alat Pertukangan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Alat-alat Pertukangan Terkait Dengan:

Your Comments