Tentang Kayu Cendana dan Ciri-cirinya !!!

Tidak sedikit orang yang bilang jika kayu cendana tergolong salah satu jenis kayu yang unik dan istimewa. Tidak salah memang, bukan karena keindahan tekstur ataupun kekuatan kayunya, tapi karena kayu ini mampu menghasilkan bau atau aroma yang harum yang tidak akan ditemukan pada jenis kayu lain selain dari golongan cendana dan gaharu. 

Dan karena keistimewaannya itu tadi, menjadikan harga pasaran (baik pasar domestik maupun pasar luar negeri) kayu cendana ini cukup mahal. Bahkan di Indonesia, kayu ini dikelompokkan sebagai salah satu jenis kayu yang bernilai komersial (baca jenis-jenis kayu komersial di Indonesia). 
kayu cendana dan ciri-cirinya
gambar dari olx.co.id

Berbicara Indonesia, Di negara ini kayu cendana tersebar setidaknya di tiga daerah yakni di Jawa timur, Flores dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Tapi dari ketiga daerah tersebut, Nusa Tenggara Timurlah yang lebih dikenal sebagai  tempat atau daerah yang paling banyak menghasilkan kayu cendana ini, sampai-sampai salah satu pulau di daerah ini (di NTT) mendapat julukan sandalwood island atau pulau cendana.

Selain di Indonesia, kayu cendana ini juga dapat ditemukan di negara lain salah satunya adalah India. Konon, kualitas kayu cendana yang berasal dari India ini merupakan yang paling bagus diantara kualitas jenis-jenis cendana lainnya termasuk yang berasal dari Indonesia. Meskipun demikian bukan berarti kualitas kayu cendana dari Indonesia ini rendah, sebab tidak sedikit juga kayu cendana yang berasal dari Indonesia ini yang sampai di ekspor.

Nah untuk mengenal lebih jauh mengenai kayu cendana, berikut ini adalah ciri-ciri atau spesifikasi dari kayu cendana:
  • Warna kayu : umumnya kayu cendana berwarna kuning belerang, tapi ada juga yang berwarna coklat tua
  • Tekstur kayu: kayu cendana teksturnya sangat halus
  • Arah serat: ada yang lurus, bergelombang dan ada juga yang berpadu
  • Bobot: sedang (menurut situs indonesianforest.com berat jenis rata-ratanya sebesar 0,84)
  • Tingkat keawetan : termasuk sedang ( kelas awet II)
  • Tingkat kekuatan: termasuk sedang hingga baik (kelas kuat II-I)
  • Kembang susut kayu: kemungkinan susut kayu cendana adalah kecil hingga sedang
  • Daya retak kayu : rendah hingga sedang
  • Tingkat kekerasan kayu: termasuk sedang hingga keras
  • Sifat pengerjaan : agak sulit. 
Tapi, meskipun sifat pengerjaan kayu cendana ini sedikit agak sulit, tetap saja banyak orang yang menggunakan kayu harum ini untuk berbagai macam keperluan seperti bahan untuk membuat parfum, dupa, tasbih, aroma terapi, obat-obatan dll.

Thanks for reading Tentang Kayu Cendana dan Ciri-cirinya !!! | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tentang Kayu Cendana dan Ciri-cirinya !!! Terkait Dengan:

Your Comments